bandara13uoDibutuhkan triliunan rupiah dan waktu berbulan-bulan untuk membangun sebuah bandar udara, apalagi jika membangun bandara bertahap internasional. Sayangnya, menghabiskan dana dan waktu sebanyak itu belum menjamin bahwa bandara yang dibangun sudah berkualitas dan memadai untuk menampung calon penumpang dan menjadi tempat landing dan lepas landas pesawat terbang. Misalnya, jika ruang tunggu penumpang terlalu sempit sedangkan jumlah penumpang selalu ramai, jelas bandara akan dinilai belum berkualitas karena tidak menyediakan tempat yang memadai.

Lalu, bagaimana kriteria bandar udara yang berkualitas itu? Apakah Anda tahu jawabannya? Jika tidak, temukan jawabannya di bawah ini:

Panjang landasan pacu standar

Ada yang tahu berapa panjang landasan pacu standar? Jawabannya adalah tergantung dengan jenis pesawat yang akan mendarat dan lepas landas di sana. Misalnya, jika jenis pesawatnya adalah pesawat Perintis, panjang landasan pacu ideal adalah 1.200 meter atau jika jenis pesawatnya adalah pesawat kecil (pesawat latih), seperti Cessna, Viper, dan Twin Otter, panjang landasan pacu cukup 600-800 meter saja. Anyway, landasan pacu dapat dibedakan dari 4 dimensi. Pertama, code number 1 untuk landasan pacu yang panjangnya kurang dari 800 meter. Kedua, code number 2 digunakan untuk landasan pacu dengan panjang 800 – 1.200 meter. Ketiga, code number 3 untuk landasan pacu dengan panjang 1.200-1.800 meter. Terakhir, code number 4, panjang landasan pacunya lebih adalah 1.800 meter atau lebih.

Di samping itu, panjang landasan udara juga dapat dipengaruhi oleh letak bandara itu sendiri. Untuk daerah gurun dan dataran tinggi landasan udaranya lebih panjang dari landasan pacu pada umumnya. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh tekanan udara yang lebih rendah. Apabila panjang landasan pacu disamakan, besar kemungkinan pesawat akan kesulitan untuk mendarat dan lepas landas. Btw, beberapa bandara yang memiliki landasan pacu yang lebih dari 4.000 meter adalah New Doha International Airport, Denver International Airport, Upington Airport, dan Ramenskoye Airport.

Berbagai fasilitas memadai

Ruang tunggu, apron, toilet, dan menara ATC (Air Traffic Controller) adalah beberapa fasilitas bandara yang harus dibangun dengan secara memadai. Jika fasilitas di bandar udara kurang mendukung, sudah pasti akan ada jadwal penerbangan yang terganggu, kerusakan pada pesawat, komplain dari calon penumpang, dan lain sebagainya. Untuk itu, pihak pengelola, sangat disarankan untuk menyediakan fasilitas yang memadai guna menjaga ketertiban, kenyamanan dan kelancaran.

Staf professional dan terpercaya

Apakah bandar udara bisa dikatakan berkualitas jika para stafnya tidak melayani semua calon penumpang dengan baik? Bahkan beberapa staf sering menunjukkan etika kurang baik kepada calon penumpang yang melakukan komplain. Sudah pasti semodern apapun bandara tersebut, apabila stafnya tidak sering memberikan pelayanan yang buruk, maka tidak akan dikatakan berkualitas bandar udara itu. Tak dapat dipungkiri bahwa staf di tempat ini memiliki peran yang penting dalam menjaga kepuasaan dan kenyamanan orang-orang yang ingin menggunakan jalur udara. Jika mereka tidak memiliki kemampuan yang mumpuni tentu akan terjadi banyak sekali kritikan. Oleh sebab itu, bandara harus memiliki staf profesional dan terpercaya apabila ingin menjadi berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *