Truth Builds Trust

Sekolah pilot bertugas mendidik, melatih, dan menjembatani calon pilot untuk mewujudkan impiannya. Sekolah pilot atau penerbangan yang baik itu pada dasarnya yang menyediakan fasilitas lengkap dan memiliki instruktur penerbangan berkualitas. Ya, apabil Anda sedang menimbang-nimbang sekolah pilot yang akan dipilih, ada baiknya untuk memperhatikan dan mengetahui lebih jauh tentang instruktur penerbangan yang ada di sekolah pilot tersebut. Berapa jumlahnya? Banyaknya instruktur di sekolah pilot sangat berdampak pada cadet. Bagaimana tidak, jika jumlahnya terlalu sedikit, kemungkinan besar tak akan cukup untuk mendidik tiap calon pilot di setiap batch-nya. Terlebih, saat latihan terbang, masing-masing siswa harus didampingi oleh instruktur pastinya. Selain jumlahnya, yang terpenting adalah mengetahui latar belakang pendidikan dan kualitas mereka.

Well, kali ini kita akan membahas tentang peran-peran penting instruktur penerbangan di sekolah pilot. Simak penjelasannya di bawah ini:

Mengajarkan teori-teori penerbangan 

Tugas seorang instruktur penerbangan tak berbeda dengan guru di sekolah atau dosen di kampus. Yup, mengajarkan materi kepada peserta didik yang mana dalam hal ini lebih spesifik lagi, di bidang aviasi atau penerbangan. Apa saja materi yang diajarkan selama masa pendidikan di sekolah pilot? Bagian-bagian dari pesawat terbang beserta cara kerjanya, cara mengoperasikannya, hingga ke keselamatan, perawatan, dan sebagainya.

Sebagaimana tenaga pengajar pada umumnya, instruktur penerbangan mengikuti kurikulum penerbangan yang berlaku untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Mengarahkan & mendampingi saat latihan terbang

Memahami materi saja tentu tidak cukup tanpa dilakukannya praktek. Ya, untuk mendapatkan lisensi pilot, cadet harus memenuhi jam terbang tertentu dan lulus ujian terbang yang mana akan dilakukan beberapa kali latihan selama berada dalam masa program pembelajaran. Tentunya mereka harus didampingi oleh seorang instruktur.

Selama latihan terbang, instruktur mendampingi calon pilot mulai dari mengarahkan di awal hingga akhir termasuk memastikan keselamatan dan mengambil langkah apabila ada hal buruk terjadi selama latihan terbang. Pasalnya, latihan terbang yang tidak sesuai prosedur atau lepas dari pengawasan instruktur telah menyebabkan beberapa kecelakaan latihan terbang di sekolah pilot lokal.

Mengevaluasi dan memonitor kemampuan calon penerbang

Layaknya guru dan murid atau dosen dan mahasiswa, instruktur penerbangan juga perlu mengevaluasi dan memonitor kemampuan calon pilot di sekolah penerbangan tempat ia bekerja. Evaluasi dan pengawasan perlu dilakukan secara rutin dan sesuai dengan tujuan.

Di beberapa sekolah pilot lokal, ada sejumlah calon penerbang yang tidak lulus tepat waktu (tidak sesuai dengan deskripsi program yang dijanjikan sekolah pilot). Kesalahan tidak semata-mata pada sekolah pilot, melainkan jika instruktur sudah mengevaluasi, ternyata cadet belum berkompeten dan tidak menguasi ilmu terbang dengan baik.

Nah, itu dia tiga tugas utama alias peran penting instruktur penerbangan di sekolah pilot. FYI, untuk menjadi instruktur, diperlukan sertifikat IR (Instrument Rating) dan MER (Multi engine rating).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *